Web Analytics
5 Resep Ayam Bakar Yang Bikin Ketagihan – Resep Ayam Bakar Bumbu Desa Majapahit | SatuSelera
Home » Masakan Khas » 5 Resep Ayam Bakar Yang Bikin Ketagihan – Resep Ayam Bakar Bumbu Desa Majapahit

5 Resep Ayam Bakar Yang Bikin Ketagihan – Resep Ayam Bakar Bumbu Desa Majapahit

Resep Ayam Bakar Yang Bikin Ketagihan – Pasti teman – teman disini pernah ngebayangin kenapa kalau makan ayam bakar di luar rasanya enak, hayoo kenapa coba ?, ada persepsi yang mengatakan enak karena kita gak repot – repot masak’ jadi tinggal duduk makan pulang. ternyata itu salah teman – teman penelitian membuktikan ayam bakar yang disajikan diluar atau kita beli rasanya enak bukan berarti karena kita tidak repot repot masak tetapi karena bumbu yang dipakai memang bumbu turun temurun dari nenek moyang kita semenjak jaman majapahit dulu kala, jadi dijaman tersebut masyarakat peradaban zaman majapahit saling berlomba – lomba memberikan sajian terbaik kepada sang baginda raja. dari situlah awal mula bumbu ayam bakar tersebut ada, penasaran kan apa sih rahasianya ? yuk langsung simak 5 Resep Ayam Bakar Bumbu Desa Majapahit dibawah ini:
  1. Resep Ayam Bakar Ungkep Desa Majapahit

Bahan:

  • 1 kg iga sapi yg sdh direbus/dipresto
  • 3 lbr daun jeruk
  • 2 btng sere geprek
  • 1 bh asam kandis
  • 1 lbr daun kunyit simpul
  • Air kaldu bekas rebusan/presto secukupnya
  • Garam, Gula, penyedap jamur, secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu tumis:

  • 7 siong b.putih
  • 11 siong b.merah
  • 50 gr cabe merah besar
  • 50 gr cabe rawit
  • 5 bh kemiri
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar

Cara :

Haluskan bumbu yg telah ditumis dan tumis lagi hingga harum beserta daun jeruk, sere, daun kunyit, asam kandis, kemudian tambahkan air kaldu bekas rebusan iga

2. Masukkan iga ayam, dan beri garam , gula secukupnya ,penyedap jamur, aduk rata koreksi rasa

3. Ungkep hingga bumbu meresap. Matikan dan sajikan.

SELAMAT MENCOBAπŸ™πŸŒΉ

2. Resep Ayam Bakar Taliwang Terenak | Resep Jaman Majapahit

Image source: @sessykitchen

Bahan utama :

  • 1 ekor ayam (Kampung / pejantan / negri)
  • Bumbu halus :
  • 10 cabe keriting
  • 3 cabe rawit
  • 10 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • Terasi bakar secukupnya (aku pakai 1 buah terasi yg bentuknya bulet2 kayak koin itu)

Bumbu tidak halus :

  • 2 batang serai di geprek
  • 2 buah daun salam
  • 3 buah daun jeruk
  • Secukupnya gula merah
  • 1 Bungkus santan kara bisa dibeli di warung tetangga ya gaes
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Cara memasak :

  1. Ayam dibersihkan, kemudian ayam di balurkan dengan jeruk nipis.
  2. Tumis semua bumbu halus dan tidak halus, kecuali santan.
  3. Masukan ayam
  4. Tambahkan air secukupnya untuk mengungkep ayam, lalu masukan santan. Jika suka kecap manis, juga boleh ditambahkan kecap manis.
  5. Bolak balik ayam hingga terungkep dengan sempurna, matang di dalam dan hingga bumbu mengental.
  6. Siapkan bakaran, dan bakar ayam, rajin2 dioles yaa supaya makin gurih luar dalaaam.

Note : Untuk yang suka tomat, bs juga dimasukan 1 buah tomat di bumbu halus yaa.

Semangat memasaaaakkkk!!

3. Ayam Bakar Songkem Raja Majapahit

Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera (bs utk 6 potong ayam dr berat ayam 1-1,5 kg )
  • Jeruk nipis/ jeruk limo, ambil airnya (seckpnya)
  • Garam seckpnya
  • 400-500 ml air kelapa
  • 1,5-2 sdt air asam jawa (sesuai selera)
  • setengah potong ruas jahe, bisa ditumbuk atau dihaluskan boleh juga diiris kira -kira 2 centi ya
  • 1/2 ruas lengkuas (memarkan)
  • 1/2 ruas jahe (boleh dihaluskan/ memarkan/ iris” kira” 2-3 cm)
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 2 lembar daun salam .

Bahan tambahan

  • 1-2 sdm Gula merah,disisir (sesuai selera)
  • 1/2 sdt merica bubuk (boleh skip)
  • 1-2 sdt garam (sesuai selera)
  • 1-2 sdt gula pasir
  • 1 cm kunyit
  • Kaldu ayam (royco ayam seckpnya)

Bumbu halus:

  • 8 bh cabe merah keriting / sesuai selera (mau pedes tmbh lg takarannya)
  • 8 siung bwg merah
  • 4-5 siung bwg putih
  • 3 keping kemiri (bakar/ sangrai)
  • 4-6 bh rawit merah (seckpnya)
  • 1/2 ruas jahe (boleh memarkan/ iris” kira” 2-3 cm)

Cara  memasak:

  1. Lumuri ayam yg telah di bersihkan dg jeruk nipis dan garam, diamkan 10 menit, lalu cuci bersih & tiriskan.
  2. Siapkan wajan, tumis bumbu halus + serai, jahe, lengkuas, daun jeruk & daun salam.
  3. Tmbhkn gula merah + air asam jawan+ keacap+merica bubuk jika pake & garam & kaldu bubuk.
  4. Tmbhkn ayam +air kelapa +air jeruk nipis / jeruk limo, maska hingga bumbu mengental.
  5. Koreksi rasa, angkat ayam & bakar hingga bagian luar ayam matang/ berubah wrn.. (sambil sesekali di olesi dg bumbu sisa) ayam siap di sajikan.

Selamat memasak semoga bermanfaat πŸ˜‡πŸ™ Baca Juga 5 Aneka Resep Kreasi Masak Telur Puyuh Yang Enak dan Lezat

4. Ayam Bakar Taliwang Kerajaan Gowa Sumbawa Besar

Image source: @susan_mellyani

BAHAN:

  • 1 kg ayam potong,sy bagian paha dn sayap,cuci bersih
  • 3 lembar daun jeruk buang tulangnya
  • 2 batang sereh geprek
  • 300ml santan (aku pake santan instan 65ml + air 300ml)
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 keping gula merah
  • Garam secukupnya

Bumbu halus:

  • 10 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri,sangrai dl
  • 3 buah cabe merah besar buang bijinya
  • 2 cm kencur
  • 1 saset terasi udang abc

Bahan sambal:

  • 10 buah cabe merah kriting
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sct terasi abc
  • Secukpnya gula merah
  • Garam,penyedap

LANGKAH:

  1. 1.panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus hingga harum,masukan daun jeruk dan sereh,tumis hingga bumbu matang,beri gula dan garam aduk rata
  2. 2.tuang santan,aduk rata lalu masukan ayam,ungkep hingga ayam empuk dan kuah menyusut kental
  3. 3.jiak ayam sdh epmuk dan kuah sudah mengental,angkat ayamnya,tuang sisa bumbu ungkepanya ke mangkuk,jika suka bs di tambahkan kecap manis di bumbu olesnya
  4. 4.siapkan panggangan,teflon dll seadanya disitu aja yah,panggang ayam sambil di olesi bumbu sisa ungkepan td,panggang sambil di bolak balik hingga matang
  5. 5.buat sambalnya: goreng semua bahan sambal,lalu haluskan bersama gula merah,garam,penyedap,setelah halus tumis kembali dgn minyak byk hingga kadar airnya hilang,tes rasa,jika sdh pas angkat dan sajikan dgn ayam bakar taliwang πŸ‘ŒπŸ˜Š
  6. 6.NOTE: jika suka pedas cabe merah besar bs di ganti cabe kriting atau cabe rawit,sy bikin ga pedas krn buat anak2 😊

5. Ayam Bakar Raja Murka Manis Pedas

Bahan :

  • 1 kg ayam, potong sesuai selera
  • 2 lmb daun salam
  • 2 lmb daun jeruk
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 ruas kecil lengkuas
  • Gula, garam dan kaldu bubuk

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas kecil kunyit
  • 2 buah cabe merah
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt lada halus

Olesan :

  • Minyak goreng
  • Kecap manis
  • (campur jadi satu)

Cara membuat :

  1. Campur ayam, bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas, beri air secukupnya.. Ukep sampai ayam empuk dan air menyusut habis.
  2. Bakar ayam sambil sesekali di oles bahan olesan ke dua sisinya, bolak balik sampai kecoklatan. Angkat
  3. Siap di sajikan.

Selamat Menikmati Resep dari zaman peradaban majapahit ya gaes

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *